Senin, 27 Juni 2016

Makna Kata Parlemen



Kegiatan syuting film itu menyenangkan. Namun kadang-kadang rasa bosan muncul saat menanti giliran take. Nah, pada saat seperti itu para aktor melakukan aneka kegiatan untuk mengusir iseng, berkelakar misalnya. Salah satu yang cukup lincah dalam melontarkan canda adalah pelakon senior Rudy Wowor.

Ketika dijumpai di lokasi syuting Merah Putih, sutradara Yadi Sugandi baru saja meneriakkan cut untuk adegan yang dimainkan Rudy bareng pemain lain. Pria kelahiran Amsterdam ini berperan sebagai Van Gaardner, seorang perwira menengah di pihak londo. Gedung Lawang Sewu di jantung kota Semarang dipilih sebagai markas komandonya.

Obrolan ngalor ngidul terlontar begitu saja saat Rudy menyempatkan diri untuk nongkrong sejenak. Sambil menyalakan rokok spesialis peran tentara londo ini bercerita sedikit tentang porsi perannya. Topiknya macam-macam pula.

”Pangkat saya Mayor. Di atasnya masih ada lagi kolonel,” demikian pria jago menari ini menerangkan posisinya dengan logat bule macam yang biasa muncul di sandiwara 17 Agustusan di kelurahan.

Selanjutnya dia membocorkan bagaimana pembicaraannya dengan Sersan Yanto. Nah, Yanto ini adalah serdadu di pihak republikein yang dimainkan aktor Ario Bayu. Entah bagaimana ceritanya rumpian ini ujungnya malah menyebut-nyebut tentang kinerja anggota parlemen.

”Anda tahu asal kata parlemen?” sodor Rudy kepada kami. Pertanyaan ini membuat para wartawan berpikir keras mencari tahu apa jawabannya. Sejurus kemudian kami sudah dibuatnya menyerah.  

”Itu berasal dari bahasa Perancis, parler dan mentir,” begitu jawabnya. ”Parler itu artinya bicara dan mentir itu berbohong. Jadi parlemen artinya berkata bo...,” lanjut Rudy sambil meletakkan telapak tangan untuk menutup mulutnya.


 
Maret 2009 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar