Jumat, 01 April 2016

Kemarin Apa, Hari Ini Apa



Sutradara Nayato Fionuala bukan saja dikenal dengan banyak nama. Mulai dari Koya Pagayo, Pingkan Utari hingga Ian Jacobs semua menjadi merek dagangnya. Bang Nay, demikian para aktor memanggil namanya, juga banyak dikenal lantaran selalu kebanjiran order proyek film. Tahun 2009 sejumlah 8 judul beredar di bioskop dengan namanya di posisi sutradara, Tahun 2010, sebanyak 5 judul sudah disiapkannya dalam tempo 3 bulan.

Film karya Nayato juga dikenal dengan tata fotografinya yang ciamik. Tak jarang dia mengeksekusinya dengan spontan di lokasi, shot list itu macam sudah menempel di kepalanya tanpa harus dirancang nanti mau begini atau begitu. Pokoknya kalau sudah di lokasi, atur-atur sebentar langsung beres. Maklumlah, dia juga merangkap menjadi penata artistik.

Tapi, ada tapinya. Jangan tanya perkara cerita dalam film buatannya. Penonton dibuat pening setiap nonton karya-karya pria kelahiran Aceh ini. Rekan-rekan sang sineas sempat pula mengingatkannya. Dalam satu kesempatan, seorang rekan sutradara pernah bercerita tentang hal itu kepada saya.      

“To, gambar-gambar di film lu memang oke. Tapi, perhatiin cerita juga dong...,” ujar sang rekan memulai kisahnya di sebuah mal.

“Aduh...” keluh Nayato, “... bagaimana mau mikirin cerita. Kemarin gua syuting apa, hari ini gua syuting apa, besok syuting apa. Ya lupa sama cerita,” demikian rekan sutradara ini menirukan obrolannya saat itu.

Mendengar hal itu langsung saja kami tertawa. 



(20 Februari 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar