Minggu, 20 Mei 2018

Antara Ahmad Dahlan dan Obama


Sang Pencerah karya sutradara Hanung Bramantyo tidak lolos dalam kurasi Komite Seleksi FFI tahun 2010. Maka kandaslah harapan film yang dibintangi aktor Lukman Sardi ini untuk masuk nominasi FFI. Otomatis, kandas pula harapan untuk mendapatkan Piala Citra.

Tentu saja, keputusan ini memunculkan sejumlah kontroversi. Sejumlah dewan juri menyatakan mengundurkan diri. Posisi mereka langsung digantikan oleh anggota Komite Seleksi. Maka riuhlah suasana pembacaan nominasi yang dilangsungkan di Batam, Kepulauan Riau itu.  

Namun kegundahan Hanung hanya berlangsung sementara. Beberapa bulan berselang, tepatnya pada Festival Film Bandung 2011 karyanya mampu berjaya. Tidak tanggung-tanggung, Sang Pencerah memborong tujuh Anugerah Terpuji pada malam penghargaan di Hotel Horison Bandung, 2011. 

Mendapat kabar gembira, tak pelak suami Zaskia Adya Mecca ini senang bukan main. Tidak segan-segan dia memuji kiprah produsernya, Raam Punjabi. Dalam sebuah kesempatan dia mengucapkan “Terimakasih kepada pak Raam. Meskipun beliau seorang non-Muslim, namun membuat film tentang pahlawan nasional Ahmad Dahlan.

Saat mendengar ucapan sang sineas, serta-merta seorang rekan yang duduk di sebelah saya berkomentar dengan nada sedikit usilAh, Pak Raam juga bukan orang Amerika sih, tapi dia bikin film tentang Obama tuh.




Juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar